aksi naruto

WALLHACK

Street Text

Sunday, December 25, 2011

Fakta menarik Perang Dunia

Perang Dunia Pertama yang berlangsung tahun 1914 hingga 1917 memang telah menjadi bagian dari sejarah. Jerman yang diserang sekutu telah menjadi sorotan dunia dalam perang ini. Berikut fakta- fakta menarik mengenai Perang Dunia Pertama yang berakhir pada pukul 11 pagi tanggal 11 November 1918 (11/11/1918):
1.            Pria terakhir yang tewas


Letnan Tomas (web)

Sejarawan mencatat bahwa pria terakhir yang tewas dalam Perang Dunia Pertama adalah Letnan Tomas. Dia tewas oleh tentara Amerika setelah Amerika tidak menerima kabar dari gencatan senjata. Namun menurut catatan yang diterima tentara, ada beberapa orang yang tewas sebelum perang usai. Tentara Inggris, George Edwin Ellison meninggal sekitar pukul 09.30 ketika sedang melakukan kepanduan. Tentara Prancis, Augustin Trebuchon pukul 10.45 yang sedang berkeliling memberi tahu kesiapan makan siang. Tentara Kanada, George Lawrence Price yang meninggal dua menit sebelum pukul 11. Dan yang meninggal terakhir adalah tentara Amerika Henry Gunther yang meninggal satu menit sebelum jam 11.
2.            Negosiator Dibunuh
Matthias Erzberger (web)
Matthias Erzberger, negosiator utama Jerman dalam gencatan senjata, awalnya mendukung perang sampai 1917. Pangeran Max Von Baden memiliki Erzberger untuk memimpin negosiasi karena dirinya merupakan lawan sipil dan dikenal dalam perang. Setelah perang berakhir, Erzberger bergabung dengan pemerintah dan mengesahkan Perjanjian Versailles tahun 1919. Tahun 1921, Erzberger dibunuh karena perannya dalam “tusukan dari belakang”.
3.            Luka Perang
Banyak tentara yang terkena luka parah akibat perang ini. Banyak pulan yang mengalami rasa sakit dan penderitaan atas luka fisik yang tidak bisa sembuh. Salah satu yang paling mengerikan adalah luka yang dialami tentara bernama Thomas. Luka parah ini dia dapatkan pada 6 November sebelum negosiasi dimulai. Luka ini berupa robek di bagian wajahnya –hidung, mulut dan rahang. Hebatnya dia selamat dan dalam kondisi sadar ketika gencatan senjata berjalan.
4.            Berawal dan berakhir di pemakaman
Dalam sebuah kebetulan yang aneh, Angkatan Darat Inggris mulai dan mengakhiri perang di pemakaman. Beberapa tentara Inggris meninggal setelah perang dimulai. Ketika perang hampir usai, mereka kembali lagi ke tempat awal ini.
5.            Masa Depan Presiden Amerika
Satu kapten artileri Amerika terus menembak Jerman hingga beberapa menit sebelum jam 11 pagi. Ia percaya gencatan senjata itu prematur dan Jerman harus dipukul mundur. Kapten tersebut adalah Kapten Harry S. Truman.
6.            Lebih dari enam jam


Pejanjian gencatan senjata ditandatangani pada pukul 5 pagi waktu Prancis. Sedangkan perang usai pukul 11 pagi. Ini berarti terdapat enam jam dari waktu penandatanganan hingga perang usai. Beberapa ribu orang di kedua pihak terbunuh dalam enam jam terakhir perang. (MSU)

No comments:

Post a Comment